Search Modal

Informasi

  • 28 Februari 2018 - Pj. Gubernur Lantik Zainal Abidin Sebagai Pj. Bupati Tanggamus Lihat
  • 28 Februari 2018 - Pj. Bupati Tanggamus Beri Arahan pada Rakor Bulanan Pemkab Tanggamus Lihat

Main Area

Main

Tugas Pokok Dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN URAIAN TUGAS JABATAN STRUKTURAL DINAS KOPERASI, UMKM DAN PERINDUSTRIAN

 

KEPALA DINAS

TUGAS POKOK     : Memimpin, Merencanakan, mengkoordinasi, Mengendalikan  Kegiatan penyelengaraan Dinas  Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perindustrian.

URAIAN TUGAS    :

  1. Merencanakan, Kebijakan Pembangunan di Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perindustrian.
  2. Merumuskan dan Menetapkan Kebijakan Operasional Program Kerja dan Rencana Anggaran dibidang Koperasi,UsahaMikro, Kecil, Menengah dan Perindustrian.
  3. Mendistribusikan Tugas dan memberikan Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan pada bawahan.
  4. Mengkoordinasikan Kegiatan Bawahan.
  5. Menyelenggarakan Pemantauan kegiatan bawahan dalam pelaksanaan Tugas Bidang Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perindustrian.
  6. Merencanakan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dibidang Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah dan Perindustrian.
  7. Menyelenggarakan koordinasi Lintas Sektoral dengan Instansi terkait maupun swasta dalam rangka Pelaksanaan program dibidang Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian Menyenggarakan Pembinaan dalam rangka Pengembangan Industrian sesuai dengan potensi yang ada.
  8. Membimbing pengelolaan Industrian Hasil Pertanian.
  9. Menyelenggarakan Pembinaan Teknis dibidang Industri.
  10. Menyelenggarakan Bimbingan dan Penyuluhan pada Kegiatan Perindustrian berskala Kecil dan Menengah.
  11. Mengevaluasi Kebijakan Teknis Bimbingan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana serta Usaha Industri.
  12. Memberikan Pengarahan Bidang Teknologi Industrian, Industri Logam, Mesin dan Industri Kimia serta Aneka.
  13. Memberikan Pemasaran Hasil Produksi dan Permodalan Aneka Industri Kerajinan, aneka Industri Logam, Mesin dan Kimia
  14. Menyelenggarakan Penyusunan Program Pengelolaan Data Evaluasi dibidang Perkoperasian, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  15. Menyelenggarakan Pembinaan Kelembagaan terhadap Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah.
  16. Menyelenggarakan Pendidikan Latihan Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah kepada Pengusaha Kecil dan Menengah.
  17. Menyelenggarakan Konsultasi dan Penyuluhan Perkoperasian kepada Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah serta masyarakat.
  18. Menyelenggarakan Konsultasi dan penyuluhan Perkoperasian kepada koperasi, pengusaha kecil dan menengah serta masyarakat.
  19. Memberi bantuan dan Perkuatan Usaha Usaha kepada Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah.
  20. Menyelenggarakan Pelatihan dan Pengembangan Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah.
  21. Menandatangani Naskah Dinas yang bersifat biasa dan tidak prinsif, untuk Instansi sederajat dan atas untuk instansi dibawahnya.
  22. Meneliti terhadap kinerja Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah, Penilaian Kesehatan Usaha Simpan Pinjam.
  23. Menyelenggarakan Bimbingan dan Konsultasi Kemitraan serta Pendampingan.
  24. Menyelenggarakan Pengendalian dan Pemeriksaan bagi Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah serta Perindustrian yang mendapat fasilitas Pembiayaan serta Kemitraan.
  25. Menyelenggarakan Koordinasi dalam rangka pembinaan terpadu dengan Dinas/ Domisili Koperasi yang bersangkutan berada di lingkungan daerah.
  26. Menyelenggarakan Pembinaan Kelembagaan terhadap Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah serta Perindustrian.
  27. Menyelenggarakan Pelatihan, Pengusaha Kecil dan Menengah.
  28. Melakukan Koordinasi dalam rangka Penyusunan Program Pengelolaan data dan informasi dibidang Koperasian, Usaha Kecil dan Menengah serta Fasilitas Pembiayaan Simpan Pinjam.
  29. Menyusun rencana dan penjabaran kebijakan teknik dan pemberian bimbingan di bidang perkoperasian dan usaha kecil menengah.
  30. Mengawasi Pengelolaan Ketaatan Usahaan.
  31. Mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam rangka pelaksanaan tugas.
  32. Melaporkan hasil kerja dibidang Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  33. Melaksanakan tugas lain atas perintah pimpinan untuk mewakili tugas – tugas yang bersifat strategis dan politis maupun yang bersifat kebijakan pimpinan serta melaksanakan tugas kedinasan lain sesuain dengan bidang tugasnya.

SEKRETARIS

TUGAS POKOK     : Memimpin, Merencanakan, Mengatur, membina dan Mengendalikan Kegiatan Penyelenggaraan Kesekretariatan Meliputi administrasi umum, kepegawaian dan keuangan.

URAIAN TUGAS    :

  1. Merencanakan Program Kerja dibidang Umum dan Kepegawaian dan Keuangan Dinas.
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk Pengelolaan kepegawaian, umum dan perbendaharaan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Melakukan pemantauan kegiatan bawahan dalam pelaksanaan kepegawaian, umum dan perbendaharaan.
  5. Mengatur dan mengendalikan teknis dan pengelolaan umum, kepegawaian, keuangan, dan perbendaharaan berdasarkan kebijakan atasan.
  6. Memilih dan mendistribusikan surat yang disampaikan oleh sub bagian umum disampaikan kepada atasan atau kepala bidang.
  7. Meneliti dan memaraf naskah dinas yang akan ditandatangani oleh atasan.
  8. Melakukan pelayanan teknis administrasi kepada Badan/Dinas/Kantor/Kecamatan/Kelurahan dan Unit Kerja yang ada dilingkup Dinas Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  9. Mengkoordinasikan persiapan rapat yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  10. Bertanggungjawaban atas keamanan dalam kantor terhadap personil, material dan informasi.
  11. Memberi petunjuk dalam proses Perencanaan Pengadaan Barang, Penyimpanan, Pendistribusian, penggunaan , perawatan seluruh inventarisasi dan usul penghapusan barang perlengkapan.
  12. Menandatangani Naskah Dinas yang bersifat biasa tidak pasif, untuk instansi sederajat dan atau untik instansi dibawahnya.
  13. Melaksanakan pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan, perawatan, inventarisasi dan usul penghapusan barang perlengkapan yang meliputi Gedung Peralatan Teknis, Alat Kantor, Mobilitas dan Pembukuan Dinas Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  14. Melakukan koordinasi dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA)
  15. Mengevaluasi Hasil Kerja Hasil Bawahan dalam pelaksanaan tugas ketatausahaan.
  16. Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan Tugas Sub Bagian Kepegawaian, Umum dan Keuangan kepada Kepala Dinas.
  17. Melaksanakan Tugas Kedinasan lainnya yang diperintahkan oleh atasan. 

KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN PERENCANAAN

  TUGAS POKOK   :  Memimpin, merencanakan, mengatur, membina dan                                    Mengevaluasi Kegiatan Penyelenggaraan Sub Bagian Umum yang   meliputi  Pengelolaan Surat-menyurat, kedisiplinan, Umum Kerumahtanggaan dan Kepegawaian,

        URAIAN TUGAS  :

  1. Merencanakan Kegiatan Urusan Rumah Tangga Dinas Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  2. Mendistribusikan Tugas dan memberikan Petunjuk Pelaksanaan kegiatan kepada bawahan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Menyusun petunjuk teknis tentang pengelolaan urusan surat- menyurat meliputi

Pengelolaan administrasi kepegawaian penerimaan surat masuk, surat keluar,

Pengiriman surat maupun pengarsipan surat serta kepegawaian.

  1. Menyusun konseo pemeliharaan dan pemakaian kendaraan dinas, gedung serta inventarisasi kantor lainnya.
  2. Melaksanakan persiapan teknis kegiatan rapat dilingkungan Dinas Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  3. Memberikan petunjuk pendistribusian ATK dan barang inventaris kantor lainnya.
  4. Menyiapkan bahan dalam rangka pelaksanaan proses administrasi kepegawaian.
  5. Memilah naskah dinas untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan bidang dan tingkatannya.
  6. Menyusun konsep petunjuk teknis pemeliharaan, ketertiban dan keamanan lingkungan kantor.
  7. Menyusun konsep petunjuk teknis pemeliharaan kebersihan dan keindahan kantor.
  8. Mengontrol pendistribusian barang di lingkungan Dinas Koperasi, UsahaMikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  9. Melakukan proses penertiban dan pembinaan personil.
  10. Mengevaluasi hasil kerja bawahan.
  11. Menyusun laporan hasil pelasanaan tugas sub bagian umum dan kepegawaian kepada atasan.
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan.
  13. Menyusun Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian Perencanaan dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  14. Mendistribusikan Tugas dan Memberikan Pelaksanaan Kegiatan kepada Bawahan.
  15. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  16. Melakukan Pemantauan Kegiatan Bawahan dalam Pelaksanaan Tugas Sub Bagian Perencanaan, di bidang Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perindustrian.
  17. Melakukan pengumpulan, pengolahan, pengkajian data pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perindustrian.
  18. Menyiapkan dan merumuskan rencana kegiatan dan rencana anggaran pada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Perindustrian.
  19. Melakukan monitoring, evaluasi perencanaan kegiatan serta penyiapan bahan laporan Dinas.
  20. Memberikan petunjuk kepada bawahan dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Dinas.
  21. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan.
  22. Mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam bidang perencanaan.
  23. Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan.
  24. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan.

 

KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN

TUGAS POKOK       : Memimpin, merencanakan, mengatur dan   mengawasi Penyelenggaraan kegiatan yang meliputi pembukuan  (Anggaran rutin, Keproyekan, dan Pendapatan Asli Daerah), Penyusunan rencana belanja rutin, membantu penyusunan DUK,Verifikasi serta laporan Perbendaharaan.

        URAIAN TUGAS      :

  1. Menyusun Rencana Kerja Sub Bagian Keuangan meliputi gaji pegawai, belanja rutin dan penerimaan.
  2. Mendistribusian tugas dan member petunjuk kegiatan kepada bawahan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Melakukan pemantauan dan pengendalian kegiatan dalam pelaksanaan tugas.
  5. Melaksanakan koordinasi kepada para bendahara pengeluaran dan pelaksana kegiatan yang meyangkut pengelolaan keuangan dan perbendaharaan.
  6. Membimbing bawahan agar dapat bekerja dengan baik, bertanggung jawab dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  7. Mengawasi tugas bawahan agar tidak terjadi penimpanan baik prosedur maupun tanggung jawab.
  8. Menelaah dan meneliti laporan hasil pemeriksaan dan menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH)
  9. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan tentang langkah-langkah dan tindakan yang perlu diambil dalam rangka pelaksanaan dan pertanggungjawaban.
  1. Melakukan pencatatan realisasi penggunaan keuangan.
  2. Melakukan verivikasi hasil kerja bawahan.
  3. Membuat dan meyampaikan laporan hasil kegiatan sub bagian keuangan kepada atasan.
  4. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang di perintahkan oleh atasan.

KEPALA BIDANG KOPERASI

               

TUGAS POKOK        : Memimpin, Merencanakan, mengatur dan  mengawasi Penyelenggaraan Kegiatan Bidang Koperasi yang meliputi seksi BinaLembaga dan Usaha Koperasi, Seksi Pembinaan dan Pengawasan Simpan Pinjam.

URAIAN TUGAS        :

  1. Merencanakan dan menyusun Bidang Bina Lembaga dan Usaha Koperasi
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk dan pelaksanaan kegiatan kepada Bawahan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan dalam pelaksanaan tugas.
  4. Melakukan pemantauan dan mengevaluasi kegiatan bawahan dalam pelaksanaan tugas Bidang Bina Lembaga dan Usaha Koperasi.
  5. Menyusun rencana teknis kegiatan pengolahan-pengolahan data dan informasi di Bidang Bina Lembaga dan Usaha Koperasi.
  6. Merumuskan dan menjabarkan kebijakan teknis serta pemberian bimbingan konsultasi dan penyuluhan perkoperasian kepada koperasi dan masyarakat.
  7. Menyusun kebijakan teknis pemberian pendidikan serta pemberian bimbingan teknis konsultasi dan penyuluhan perkoperasian kepada koperasi dan masyarakat.
  8. Mengoreksi pengesahan badan hukum, pembubaran dan pengamalgasian.
  9. Mengontrol pemberian bantuan dan perkuatan usaha, sarana prasarana dan permodalan bagi koperasi.
  10. Memberi petunjuk pelaksanaan penelitian dan pengembangan koperasi pada seksi dilingkungan Bidang Koperasi.
  11. Mengadakan koordinasi ditingkat teknis dengan instansi dalam rangka pembinaan Koperasi.
  12. Mengevaluasi pelaksanaan tugas-tugas kepala seksi di lingkungan Bidang Koperasi.
  13. Melakukan pemantauan dan mengevaluasi kegiatan bawahan dalam melaksanakan tugas pembiayaan simpan pinjam.
  14. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis fasilitas pembiayaan, pembinaan dan penilaian terhadap koperasi simpan pinjam/ unit simpan pinjam.
  15. Memberikan informasi tentang peluang pembiayaan bagi KSP/ Usaha Koperasi.
  16. Mengawasi dan mengevaluasi dana-dana bantuan baik dari pusat maupun daerah yang diberikan kepada koperasi.
  17. Melaksanakan koordinasi lintas program dalam rangka pelaksanaan kegiatan fasilitas pembiayaan simpan pinjam.
  18. Mengadakan pembinaan, bimbingan, monitoring dan evaluasi serta penilaian kesehatan KSP/ Koperasi.
  19. Melaporkan atas pelaksanaan tugas dilingkup Bidang Koperasi kepada Lembaga Teknis
  20. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintah atasan.

 

KASI BINA LEMBAGA DAN USAHA KOPERASI

 

TUGAS POKOK     : Memimpin, Merencanakan, Mengatur dan Mengawasi Kegiatan Seksi Bina Lembaga dan Usaha Koperasi.

URAIAN TUGAS    :

  1. Menyusun Rencana Kegiatan Seksi Bina Lembaga dan Usaha Koperasi
  2. Mendistribusikan Tugas dan memberi petunjuk Kegiatan Kepada Bawahan.
  3. Mengkoordinasikan Kegiatan Bawahan dalam Pelaksanaan Tugas.
  4. Melaksanakan pemantauan kegiatan bawahan dalam pelaksanaan tugas pada seksi bina Lembaga dan Usaha Koperasi.
  5. Memeriksa, mengecek dan mengoreksi serta mengontrol hasil pelaksanaan tugas staf
  6. Memberikan pengarahan pada bawahan minimal satu kali setiap bulannya.
  7. Memberikan Bimbingan, Konsultasi dan Penyuluhan kepada Koperasi dan Masyarakat tentang Kelembagaan dan Usaha Koperasi.
  8. Menyiapkan dan mengusulkan Pengesahan Akta Badan Hukum Koperasi.
  9. Melaksanakan pendampingan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT)
  10. Menyiapkan dan emngusulkan pembubaran dan penngamalgasian (penggabungan) koperasi yang tidak aktif.
  11. Memberikan bimbingan dalam rangka bantuan serta perkuatan usaha kepada koperasi
  12. Memberikan informasi tentang peluang permodalan serta memfasilitasi terhadap sumber-sumber pembiayaan usaha koperasi.
  13. Memfasilitasi pengajuan pembiayaan bagi koperasi.
  14. Melaksanakan promosi dagang dalam rangka Hari Koperasi.
  15. Melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan Audit pada Koperasi.
  16. Mengevaluasi dan mengoreksi hasil kerja bawahan pada Seksi Bina Lembaga dan Usaha Koperasi.
  17. Melaporkan hasil kerja Seksi Bina embaga dan Usaha Koperasi pada atasan.
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintah Atasan.

  

SEKSI PEMBINAAN DAN PENGAWASAN SIMPAN PINJAM

TUGAS POKOK       : Memimpin, merencanakan, mengatur dan       Mengendalikan Kegiatan Penyelenggaraan pada Seksi Pembinaan dan Pengawasan Simpan Pinjam.

                  URAIAN TUGAS      :

  1. Menyusun Rencana Kegiatan Seksi Pembinaan dan Pengawasan Simpan Pinjam
  2. Mendistribusikan Tugas dan memberi Petunjuk Kegiatan kepada bawahan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan
  4. Menyiapkan bahan penjabaran kebijakan teknis di Bidang Pembinaan, Pengelolaan dan Pengawasan KSP/ USP.
  5. Melaksanakan Pembinaan, bimbingan teknis dan pengawasan terhadap pelaksanaan

Usaha simpan pinjam oleh KSP/USP.

  1. Menyiapkan data dan informasi tentang kegiatan Usaha Simpan Pinjam KSP/USP
  2. Melaksanakan penilaian kesehatan simpan pinjam dan sertifikasi kesehatan simpan Pinjam KSP/USP.
  3. Melaksanakan koordinasi lintas program dalam rangka Pembinaan dan Pengawasan Simpan Pinjam KSP/USP.
  4. Memfasilitasikan pengajuan Kegiatan usaha simpan pinjam.
  5. Memberikan informasi tentang peluang permodalan bagi KSP/USP
  6. Melaksanakan penyuluhan pemupukan modal sendiri dan memfasilitasi penyertaan Modal untuk memperkuat struktur permodalan KSP/USP Koperasi.
  7. Memberikan bimbingan teknis kepada Koperasi dalam Rangka Penggunaan Pembiayaan yang efektif dan efisien.
  8. Melaksanakan koordinasi lintas program dalam rangka pelaksanaan penilaian terhadap usaha simpan pinjam.
  9. Menyiapkan dan menyusun pemeringkatan KSP/ USP Koperasi atas dasar kesehatan Usaha Simpan Pinjam.
  10. Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program.
  11. Melaporkan pada pimpinan tentang tugas-tugas yang dilaksanakan seksi pembinaan dan pengawasan simpan pinjam.
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintah atasan.

 

KEPALA BIDANG UMKM

 

TUGAS POKOK         : Memimpin, merencanakan, mengatur dan      mengendalikan Kegiatan Bidang Usaha Mikro,Kecil, Menengah yang meliputi :

  

  • Seksi Pembinaan Usaha Mikro,Kecil,Menengah
  • Permodalan dan Promosi UMKM

 

URAIAN TUGAS    :

  1. Merencanakan bidang Usaha Mikro,Kecil, Menengah, Seksi Permodalan dan Kemitraan Usaha Mikro,Kecil, Menengah dan Seksi Promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM)
  2. Mendistribusikan tugas dan kegiatan petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Melakukan pemantauan kegiatan bawahan dalam pelaksanaan tugas bidang Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM) di Seksi Permodalan & Kemitraan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM) dan Seksi Promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  5. Menyusun rencana teknis kegiatan pengelolaan data dan informasi di bidang Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  6. Merumuskan dan menjabarkan kebijakan teknis serta memberi bimbingan dibidang Pembinaan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM), Promosi dan Permodalan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  7. Menyusun kebijakan teknis pemberian pendidikan pelatihan serta pemberian bimbingan, konsultasi dan penyuluhan, studi banding serta promosi bagi Usaha Mikro,Kecil, Menengah.
  8. Melakukan pendataan Usaha Mikro,Kecil, Menengah berdasarkan klasifikasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  9. Memberikan bimbingan teknis penyusunan rencana bisnis manajemen usaha dan pengembangan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  10. Melakukan monitoring dan evaluasi berkaitan dengan legalitas Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM), Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).
  11. Memberi petunjuk pelaksanaan penelitian dan pengembangan Seksi Pembinaan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM) dan Seksi Promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  12. Memberi petunjuk pelaksanaan penelitan dan pengembangan UMKM.
  13. Memberi petunjuk pada Seksi Pembinaan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  14. Mengadakan koordinasi ditingkat teknis dengan instansi terkait dalam rangka pembinaan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM) dan promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  15. Melaporkan atas pelaksanaan tugas dilingkungan Bidang Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  16. Melaksanakan tugas kedinasan dan lainnya yang diperintahkan atasan.

 

 

  1. KEPALA SEKSI PEMBINAAN UMKM

TUGAS POKOK     : Memimpin, merencanakan, mengatur dan          mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penyelenggaraan pada Seksi Pembinaan UsahaMikro,Kecil, Menengah (UMKM).

                   URAIAN TUGAS   :

  1. Menyusun rencana kegiatan pembinaan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  2. Mendistribusikan tugas dan kegiatan petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Penyiapan bahan penjelasana kebijakan teknis dibidang pembinaan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  5. Mengadakan pembinaan terhadap sector Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  6. Mengumpulkan dan menyiapkan data dan informasi tentang kegiatan pembinaan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  7. Melakukan pendataan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM) berdasarkan klarifikasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  8. Memberikan bimbingan teknis penyusunan rencana bisnis, manajemen usaha dan pengembangan usaha bagi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  9. Melaksanakan koordinasi lintas program dalam rangka pembinaan terhadap Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  10. Melakukan monitoring dan evaluasi berkaitan dengan legalitas Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM), Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)
  11. Memahami peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM)
  12. Melaporkan kepada pimpinan tentang tugas-tugas yang dilaksanakan pada seksi Pembinaan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  13. Melaksanakan tugas kedinasan dan lainnya yang diperintahkan atasan.

KEPALA SEKSI PERMODALAN DAN PROMOSI UMKM

 

TUGAS POKOK      : Memimpin, merencanakan, mengatur dan  mengendalikan dan Mengevaluasi kegiatan penyelenggara pada Seksi Permodalan dan Promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).

 

URAIAN TUGAS    :

  1. Menyusun rencana kegiatan pembinaan permodalan dan promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  2. Mendistribusikan tugas dan kegiatan petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Menyiapkan bahan penjabaran kebijakan teknis Bidang Permodalan dan Promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  5. Memberikan bimbingan teknis terkait Permodalan dan Promosi bagi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  6. Menyiapkan data dan informasi tentang kegiatan promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  7. Menyiapkan data dan informasi tentang kegiatan dan akses permodalan bagi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  8. Menyiapkan akses kemitraan bagi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM) dalam rangka pengembangan usaha.
  9. Memahami peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  10. Melaksanakan koordinasi lintas program dalam rangka pembinaan berkaitan dengan permodalan dan promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  11. Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap program Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  12. Melaporkan kepada pimpinan tentang tugas-tugas yang dilaksanakan pada seksi promosi Usaha Mikro,Kecil, Menengah (UMKM).
  13. Melaksanakan tugas kedinasan dan lainnya yang diperintahkan atasan.

 

 

  1. KEPALA BIDANG PERINDUSTRIAN

             TUGAS POKOK        : Mempimpin, merencanakan, mengatur,  mengendalikan dan Kegiatan Penyelenggaraan Bidang Perindustrian yang meliputi Seksi Industri Argo dan Seksi Industri Non Argo

URAIAN TUGAS    :

  1. Merencanakan program pembangunan dibidang Perindustrian
  2. Mendisttribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan
  4. Melakukan pemantauan kegiatan bawahan dalam pelaksanaan tugas bidang perindustrian,
  5. Merencanakan program penumbuh kembangkan, pembinaan bimbingan industri.
  6. Merencanakan Argo dan Industri Non Argo.
  7. Pemberian fasilitas usaha dalam rangka pengembangan Industri Agro dan Industri Non Argo di Kabupaten
  8. Pemberian perlindungan kapasitas berusaha terhadap Usaha Industri Agro dan Industri Non Argo di Kabupaten
  9. Memahami peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perindustrian.
  10. Penyusunan RPJM, RPJP dan Renja di Bidang Perindustrian kabupaten.
  11. Promosi produk Industri Agro dan Industri Non Argo Kabupaten.
  12. Penerapan standar kopetensi SDM Industri dan aparatur pembinaan Industri Kabupaten.
  13. Pembinaan industri dalam rangka pencegahan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh industri di Kabupaten.
  14. Fasiltas kemitraan antara Industri Agro dan Industri Non Argo di Kabupaten.
  15. Penyusunan tata ruang Kabupaten industri dalam rangka pengembangan pusat-pusat industri yang berintegrasi serta koordinasi penyediaan sarana dan prasarana (jalan, air, listrik, telepon, unit pengolahan limbah IKM) untuk industri yang mengacu pada tata ruang regional (propinsi).
  16. Dukungan pelaksanaan, pembinaan dan pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan Perindustrian di daerah perbatasan, perdalaman, terpencil dan pulau terluar di Kabupaten.
  17. Penyelenggaraan, pembinaan dan pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan informasi pasar dan stabilitas harga peningkatan penggunaan produksi dalam negeri skala Kabupaten.
  18. Memberikan petunjuk kepada Bidang Perindustrian didalam melaksanakan tugas.
  19. Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas Bidang Perindustrian kepada pimpinan.
  20. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan atasan.

 

KEPALA SEKSI INDUSTRI AGRO

 

TUGAS POKOK      : Memimpin, merencaakan, mengatur, mengendalikan  dan Penyelenggaraan Kegiatan Industri Argo.

 

URAIAN TUGAS    :

  1. Menyusun program pembangunan dibidang Industri Agro.
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas seksi Industri Argo.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan bawahan.
  4. Melakukan pemantauan kegiatan bawahan dalam pelaksanaan tugas Seksi Industri Argo.
  5. Merencanakan program untuk menumbuh kembangkan, pembinaan industri Argo.
  6. Merencanakan usaha pemasaran dan promosi hasil Produksi serta menyusun bahan teknis pembinaan usaha industri Agro.
  7. Pemberian fasilitas usaha dalam rangka pengembangan Industri Argo di Kabupaten.
  8. Pemberian perlindungan kepastian berusaha terhadap usaha Industri Argo di Kabupaten.
  9. Promosi produk industri Agro Kabupaten.
  10. Penerapan standar kopetensi SDM Industri Agro dan Aparatur Pembina Industri Agro di Kabupaten.
  11. Pembinaan Industri Agro dalam rangka pencegahan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh industri Argo di tingkat Kabupaten.
  12. Fasilitas kemitraan antara Industri Kecil, Menengah dan Industri besar serta sektor ekonomi lainnya di Kabupaten.
  13. Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas Seksi Industri Non Argo kepada Kepala Bidang Perindustrian.
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diperintahkan atasan.

 

 

  • KEPALA SEKSI INDUSTRI NON ARGO

 

 TUGAS POKOK        : Memimpin, merencanakan, mengatur, mengevaluasi  kegiatan penyelenggara Seksi Industri Non Argo.

 URAIAN TUGAS   :

  1. Menyusun kegiatan seksi Industri Non Argo
  2. Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan kegiatan kepada bawahan.
  3. Mengkoordinasi kegiatan bawahan.
  4. Melakukan kegiatan bawahan dalam pelaksanaan tugas Seksi Industri Non Argo.
  5. Memahami peraturan perundangan yang terkait dengan kegiatan Industri Non Argo.
  6. Dukungan pelaksanaan, pembinaan dan pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan Industri Non Argo di daerah perbatasan, terpencil dan pulau terluar di Kabupaten.
  7. Penyelenggaraan, pembinaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan informasi pasar dan stabilitas harga serta peningkatan produksi dalam negeri skala Kabupaten.
  8. Sosialisasi, informasi, publikasi, pembinaan, pemberdayaan motivator terhadap Industri Non Argo skala Kabupaten.
  9. Mempersiapkan bahan pembinaan dan peingkatan kerjasama usaha dan sarana industri Non Argo.
  10. Menyiapkan bahan pembinaan dan peningkatan kerjasama dunia usaha Industri Non Argo.
  11. Memberikan petunjuk kepada staf seksi Industri Non Argo dalam melaksanakan tugas.
  12. Mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam melaksanakan tugas.
  13. Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas Seksi Industri Non Agro kepada Kepala Bidang Perindustrian.
  14. Melakukan tugas kedinasan lainnya yang di perintahkan.